Beginilah Caranya Menabung untuk Membangun Rumah Sendiri!

Bangun-Rumah-Murah-Memanfaatkan-Material-Bekas

Membangun rumah berarti Anda harus mengatur sendiri segala sesuatunya dari awal hingga akhir. Berbeda halnya dengan membeli rumah di mana Anda hanya perlu mencari rumah seharga bujet yang telah Anda tetapkan, dan selesai! Membangun rumah membutuhkan Anda untuk mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah masalah keuangan.

Meskipun membangun rumah membutuhkan perencanaan yang lebih rumit daripada sekadar membeli rumah jadi, banyak orang yang tetap memilih untuk membangun rumah karena beberapa alasan, seperti model yang dapat Anda kostumisasi sesuai kebutuhan dan selera, atau jumlah ruangan yang Anda inginkan, dan warna cat yang Anda mau. Intinya, dengan membangun rumah, Anda dapat sesuka hati mewujudkan rumah impian.

Untuk membuat rumah, tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Memang, aspek budgetingtidak bisa dipungkiri merupakan salah satu aspek yang paling krusial dalam membangun rumah. Kini semuanya butuh uang. Bahkan hal sekecil parkir di depan minimarket pun perlu bayar, apalagi urusan membangun rumah? Pertanyaanya, apakah dengan biaya membangun rumah yang kian meninggi setiap tahunnya, Anda harus merengut dan berkecil hati untuk membangun rumah impian? Tentu tidak. Kebanyakan orang juga harus menabung beberapa tahun dulu untuk bisa memotong pita rumah baru mereka. Nah, jika beberapa orang bisa, mengapa Anda tidak?

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda yang ingin menabung sebelum membangun rumah sendiri.

  1. Tentukan tujuan atau target

Orang bilang semua usaha berawal dari niat, untuk itu, niatkan diri Anda untuk benar-benar ingin membangun rumah. Dengan memiliki target yang nyata dan jelas, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung.

Menabung memang bukanlah suatu hal yang mudah, ada kalanya Anda pasti merasakan jenuhnya menunggu pundi-pundi yang sedikit, untuk berubah menjadi bukit. Namun dengan motivasi yang begitu besar, tentu nominal ratusan juta bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda harus bisa membangun rumah selama beberapa tahun ke depan.

  1. Mulai menabung dari sekarang

Jangan tunggu nanti untuk mulai menabung. Jangan tunggu “nanti deh, tunggu gajian bulan depan.” Segera mulai sisihkan uang Anda detik ini juga! Waktu merupakan hal yang tidak dapat Anda putar kembali. Dengan melewatkan beberapa menit dengan keraguan untuk memulai menabung, Anda takkan mendapatkan kembali waktu yang telah terbuang tersebut. Jadi semakin lama Anda menunda menabung, berarti Anda juga semakin menunda memiliki rumah impian.

Selain itu, sekali Anda menunda sesuatu, Anda juga akan terbiasa untuk menunda hal-hal yang lainnya. Jika untuk tabungan pertama kali Anda sudah bimbang ketika memulainya, bagaimana Anda bisa mendapatkan ketegasan untuk melanjutkan tabungan ketika sudah sampai di tengah perjalanan?

  1. Cari tahu dan kalkulasi biaya yang Anda butuhkan untuk membangun rumah

Sebelum menabung, Anda juga perlu mengetahui berapa besar biaya yang Anda harus keluarkan untuk membangun rumah sesuai keinginan. Pelajari dengan betul semua harga material, biaya jasa, dan biaya pemasangan listrik dan air agar Anda bisa mendapatkan estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan meskipun masih secara kasar.

  1. Buka rekening khusus untuk tabungan Anda

Tips lain yang baik untuk Anda lakukan ketika sedang menabung untuk mulai membangun rumah adalah membuka rekening bank terpisah untuk seluruh tabungan Anda dengan tabungan untuk biaya operasional Anda sehari-hari. Dengan begitu, Anda dapat memonitor sudah berapa banyak uang yang Anda sisihkan untuk rumah masa depan.

  1. Lunasi semua hutang

Meski kedengarannya sepele, melunasi seluruh hutang yang Anda miliki bisa dapat membantu upaya Anda menabung. Hutang merupakan tuntutan yang harus Anda bayar kepada pihak lain, sehingga tentunya akan mengurangi kekayaan bersih Anda. Hutang juga dapat membuat perasaan Anda tidak nyaman karena mungkin saja sewaktu-waktu dapat langsung ditagihkan kepada Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda melunasi seluruh tanggungan hutang yang Anda miliki sebelum memutuskan menabung untuk membangun rumah.

Demikianlah lima tips mudah yang mungkin dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang menabung untuk membangun rumah. Segera siapkan seluruh keuangan Anda mulai dari sekarang untuk membangun rumah impian! Jangan lupa untuk mulai mencari tahu desain rumah yang ingin Anda terapkan untuk rumah Anda dan juga kontraktor rumah yang berkualitas dan terpercaya.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply