Cara Handal Membuat Komputer Agar Booting dari USB Flashdisk

Cara Handal Membuat Komputer Agar Booting dari USB Flashdisk

Setelah sebelumnya membahas mengenai cara menginstall windows melalui USB flashdisk, baik itu windows 7 maupun windows 8. Selain itu juga ada beberapa cara untuk membuat agar USB flashdisk menggantikan DVD/CD untuk menginstall windows. Namun, bagaimana jika komputer Anda BIOSnya tidak mendukung untuk melakukan booting dari USB? Sebenarnya ada cara handal membuat komputer agar booting dari USB agar flashdisk tersebut bisa digunakan untuk menginstall windows.
Ya, Anda cukup bermodalkan laptop/komputer/PC Anda saja jika tidak bisa melakukan booting dari USB. Nah, adapun cara handal membuat komputer agar booting dari USB Flashdisk, ada 2 cara yaitu 

CARA HANDAL MEMBUAT KOMPUTER AGAR BOOTING DARI USB

CARA PERTAMA

1. Sediakan perangkat komputer Anda yang sudah memiliki sistem operasi baik windows Vista maupun Windows 7 yang sedang berjalan.

2. Lakukan download dan install program EasyBCD pada komputer Anda yang tidak bisa mendukung untuk booting dari USB Flashdisk. Apakah Anda tahu mengenai perangkat EasyBCD ini? Ya, program ini merupakan program yang dapat mendukung sistem windows 32 dan 64 bit secara gratis.

3. Setelah selesai menginstal maka jalankan program EasyBCD tersebut lalu klik tombol Add New Entry yang ada di sebelah kiri, tepat di bagian bawah portable/external media ganti tab ke BIOS Extender. Adapun BIOS Extender ini biasanya dapat dipakai untuk sistem boot, baik dari CD, Network atau USB Flashdisk meskipun komputer tersebut tidak mendukung sistemnya.

4. Setelah itu, klik tombol Install PLoP untuk dapat menambahkan entri PLoP ke dalam menu boot, letaknya masih dibawah tab BIOS Extender. Maka Anda telah selesai membuat komputer Anda untuk bisa melakukan booting dari USB flashdisk. 

5. Setelah menginstal PLoP dan EasyBCD Bios Extender tadi, Anda bisa menguji USB Flashdisk Anda untuk dapat menginstall windows 8 melalui USB tersebut. Anda bisa langsung memasukkan USB flashdisk ke port USB dan restarts komputer. 

6. Setelah itu, Anda akan mendapatkan sebuah entri baru pada menu boot dengan nama EasyBCD BIOS Extender. Lalu pilihlah opsi EasyBCD BIOS Extender tersebut, dan tekan Enter agar masuk kepada layar opsi yang selanjutnya. Nah, dari sinilah Anda akan menemukan daftar opsi. 

7. Pilihlah opsi USB Flashdisk untuk mengawali sistem booting dari USB, setelah itu Anda ikuti langka-langkah selanjutnya untuk mulai menginstall windows 8.

CARA KEDUA

1. Cara handal membuat komputer agar booting dari USB Flashdik yang kedua dilakukan bila komputer Anda tidak mendukung booting namun komputer harus memiliki CD/DVD yang masih bekerja di dalamnya. 

2. Download aplikasi PLoP boot Manager dan lakukan burning file .ISO ke CD maupun DVD lali ekstrak terlebih dahulu file dalam bentuk .zipnya agar mendapatkan file ISO.
3. Nyalakan Komputer/PC/Laptop Anda, lalu masukkan ke drive CD maupun DVD tadi, dan booting dengan menggunakan CD atau DVD. 

4. Masukkan USB Flashdisk yang sudah berisi file windows 8 tadi ke dalam port USB, setelah komputer Anda berhasil melakukan boot dari DVD maupu CD dengan menggunakan Cd PLoP boot manager yang telah dibuat sebelumnya. 

5. Nah, setelah itu pilihlah opsi USB dan mulai melakukan instal dari USB flashdisk

Itulah cara membuat komputer agar booting dari USB Flash disk yang bisa Anda coba jika komputer Anda tidak mendukung untuk melakukan booting. sekian dan semoga bermanfaat

Advertisement

No comments.

Leave a Reply