Cara Melakukan Sit Up yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Sit Up yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Sit Up yang Baik dan Benar | Sit Up adalah salah satu jenis olahraga ringan yang populer. selain mudah dilakukan, jenis olahraga ini cukup baik untuk membentuk otot-otot pada perut, sehingga akan sangat ideal dilakukan bagi anda yang punya keinginan membentuk tubuh ramping dan six pack.
Tentunya sangat penting bagi kita membahas tata cara melakukan sit up yang baik. Gunanya agar sit up yang kita lakukan sesuai dengan apa yang di harapkan, karena apabila tidak dlakukan dengan benar, justru malah akan membuat tubuh anda cedera. Berikut Tata Cara Melakukan Sit Up yang baik Benar;
Persiapan:

1. Peregangan dan pemanasan
Peregangan dan pemanasan dilakukan dengan tujuan agar otot-otot pada tubuh anda “bersiap-siap” untuk melakukan aksi yang lebih berat lagi, sehingga mengurangi resiko cedera. Untuk pemanasan ini anda dapat melakukan beberapa aktivitas seperti meregangkan otot-otot daerah perut, leher, tangan dan kepala.

2. Gunakan alas yang nyaman.
Langkah berikutnya sebelum melakukan Sit Up sebaiknya anda mempersiapkan Alas yang yaman terlebih dahulu. Alas yang anda pilih hendaknya Alas yang tidak terlalu empuk, namun tidak pula terlalu keras. Sebagai saran, coba gunakan Matras untuk melakukan aktivitas ini.

3. Pakaian yang nyaman
Berikutnya yang anda perlu persiapkan agar Sit up anda berjalan lancar Pakaian yang Nyaman. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan berbahan yang menyerap keringat.
Nah setelah beberapa persiapan diatas anda siapkan, sekarang saatnya kita melakukan Sit Up. Untuk panduan, silahkan ikuti intruksi dibawah ini.
1. Langkah pertama, berbaringlah di atas alas yang telah dipersiapkan, tekuk bagian lutut kaki anda hingga membentuk sudut 90 derajat, usahakan telapak kaki anda menyentuh lantai .
2. Kedua, letakan tangan anda di belakang kepala, lalu angkat badan mendekati lutut, setelah itu turunkan kembali.
Catatan; pada saat mengangkat badan, cobalah agar wajah anda sedekat mungkin dengan lutut, tapi jika belum terbiasa cukup membentuk sudut 30 derajat terlebih dahulu.
3. Ketiga, Atur nafas anda. Usahakan pada saat badan dinaikan untuk membuang napas, begitu sebaliknya, saat tubuh turun ambilah nafas secukupnya.
4. Kempat, Usahakan agar ritme naik dan turun badan anda sama. Jika anda merasakan rasa sakit atau tekanan didaerah perut pada saat melakukan sit up, segera hentikan aktivias ini untuk beberapa saat, karena bisa jadi Sit up yang dilakukan masih belum benar.
Demikanlah tips kesehatan kali ini yang berjudul “cara melakukan Sit Up yang Baik dan Benar“. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply