Cara Membersihkan Karang pada Gigi Secara Alami

Cara Membersihkan Karang pada Gigi Secara Alami

Cara Membersihkan Karang pada Gigi Secara Alami | Tips Kesehatan | Karang gigi atau “kalkulus” merupakan kumpulan dari plak dan zat kapur  yang terbentuk akibat banyaknya sisa makanan yang menempel di gigi dan telah bereaksi (dalam waktu lama) dengan enzim air liur. Plak ini sendiri terdiri dari lapisan bening yang ada di gigi (perikel) dan kuman serta bakteri.
Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 400 jenis bakteri yang dapat menyebabkan pengeroposan gigi (karies). Jika pada gigi atau sela-selanya terdapat banyak sisa makanan yang tidak di bersihkan, maka kuman akan mencerna makanan tersebut dan lama-kelamaan akan menimbulkan kalkulus (karang gigi). Parahnya lagi, hal ini bisa mengakibatkan berbagai masalah pada mulut dan gusi anda, misalnya radang gusi atau gingivitis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gusi yang berwarna merah mengkilat, licin, agak bengkak dan sering berdarah bila disentuh (saat menggosok gigi).
Cara Membersihkan Karang pada Gigi Secara Alami
Cara Membersihkan Karang Gigi
Nah bagi anda yang mempunyai masalah dengan karang gigi dan berniat menghilangkannya, berikut kami bagikan beberapa tips tentang “Cara Membersihkan Karang pada Gigi secara alami” berikut pembahasannya.

1. Cengkeh Kering 
Cengkeh atau bunga cengkeh merupakan tanaman rempah-rempah asli dari Indonesia, selain digunakan sebagai bumbu memasak, ternyata cengkeh juga diketahui dapat menghilangkan plak yang menempel di gigi. Caranya sangat simple; ambil cengkeh yang kering (7-10 butir) lalu tumbuk hingga halus. Aplikasikan cengkeh halus tersebut pada daerah gigi yang terdapat plak dengan cara digosok atau sebagai campuran air untuk berkumur. Lakukan tips ini secara rutin 4-5 kali seminggu sebelum dan sesudah tidur untuk mendapatkan hasil maksimal.
2. Biji Asam Jawa
Selain Cengkeh, biji asam jawa juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karang pada gigi lho. Caranya, siapkan Biji Asam Jawa secukupnya, cuci hingga bersih lalu kemudian sangrai (goreng tanpa minyak) sampai benar-benar kering, stelah itu tumbuk hingga halus. Untuk cara penggunaanya, aplikasikan pada gigi anda dengan cara digosok menggunakan sikat gigi atau jari tangan, lakukan secara rutin minimal 3 kali seminggu sebelum tidur atau di pagi hari.
3. Jeruk Nipis
Tips selanjutnya untuk menghilangkan plak-plak pada gigi secara alami adalah dengan cara menggunakan jeruk nipis, kandungan zat asam pada jeruk ini diketahui mampu melepas plak-plak yang bandel. Cara pengguannya juga sangat mudah, ambil satu butir jeruk nipis lalu peras airnya, selanjutnya aplikasikan pada gigi dengan cara menggosokkannya dengan sikat gigi pada daerah gigi yang terdapat kalkulus (seperti menggosok gigi biasanya).

4. Perbanyak Makan Buah
Sebenarnya tips yang ketiga ini lebih kepada mencegah dari pada menghilangkan. Cobalah dari sekarang biasakan diri anda untuk mengkosumsi buah segar setelah makan. Adapun buah yang baik untuk mengurangi resiko terserang karang gigi adalah buah yang mengandung serat tinggi dan Vitamin C, serat pada buah difungsikan untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi, sedangkan vitamin C berfungsi untuk menjaga gusi agar tetap sehat. Sebagai saran, Apel dan Jeruk merupakan pilihan yang tepat dalam hal ini.
Nah demikianlah postingan kali ini tentang cara “Cara Membersihkan Karang pada Gigi“, perlu anda ingat, semua tips diatas tentunya idak akan berarti jika tidak anda barengi dengan rajin menjaga kebersihan mulut dan menggosok gigi secara teratur setiap hari. Sekian semoga bermanfaat.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply