Google Search Syntax, Optimasi Pencarian Spesifik

Google Search Syntax, Optimasi Pencarian Spesifik

Halo kawan, lama tidak update rasanya ada sesuatu yang kurang. Terlebih kesibukan offline yang cukup menyita waktu membuat aktifitas online agak terbengkalai. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai optimasi pencarian di Google, sehingga dengan beberapa syntax yang sederhana kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik.
Pada mulanya syntax Google search terbilang banyak, namun setelah beberapa waktu berjalan secara bertahap Google kini mempersempit penggunaan syntax sehingga user dapat dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci dan algoritma Google dapat mengetahui apa yang dicari. Algoritma Google yang begitu rumit sering disebut sebagai kecerdasan buatan yang tidak hanya sekedar melakukan pencarian secara objektif tapi juga subjektif sehingga seolah-olah memiliki sisi emosional yang dapat mendeteksi selera pengguna. Namun, sehebat apapun terkadang Google menampilkan pencarian yang tidak sesuai harapan, hal tersebut terutama terjadi saat Google dihadapkan pada kata kunci / keyword yang bersifat ambigu atau mengarah ke beberapa hal yang serupa tapi tak sama.
Untuk mensiasati hasil pencarian seperti apa yang diharapkan, google masih menyediakan beberapa syntax sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian yang optimal dan spesifik. Berikut adalah daftar syntax dan tanda baca / simbol yang diakui Google search untuk mendapatkan hasil pencarian yang spesifik.

Daftar Google Search Syntax Untuk Optimasi Pencarian Spesifik

Plus ( + )

Pencarian untuk halaman Google+ atau jenis darah.
Contoh: +Customations dan AB+

At ( @ )

Pencarian tag sosial media.
Contoh: @customationers

Dollar ( $ )

Pencarian dengan melibatkan tag harga suatu barang / produk. Syntax pencarian ini juga berlaku untuk mata uang lain semisal Rupiah.
Contoh: laptop $400, laptop rp4,000,000

Hashtag ( # )

Pencarian hashtag populer untuk trending topik atau hal-hal yang sedang populer di media sosial.
Contoh: #HajiLulungEffect #SaveHajiLulung

Dash ( – )

Pengecualian kata-kata.

Bila Anda menggunakan dash sebelum kata atau situs, google akan mengabaikan ( tidak memprioritaskan ) kata atau situs bersangkutan dalam hasil pencarian. Hal ini berguna untuk kata-kata dengan beberapa arti, seperti Jaguar merek mobil dan jaguar binatang.
Contoh: jaguar wallpaper -car ( menampilkan jaguar dari jenis binatang dan mengabaikan Jaguar dari jenis merk mobil )
tablet -site:wikipedia.org ( menampilkan hasil pencarian selain dari website wikipedia )

Hubungkan kata.

Ketika dash disisipkan di antara beberapa kata-kata, Google akan tahu kata-kata yang terhubung dimaksudkan untuk diprioritaskan (susunannya) dalam hasil pencarian.
Contoh: android-lollipop-tablet price

Underscore ( _ )

Menghubungkan dua kata-kata seperti quick_sort. Hasil penelusuran Anda akan menemukan pasangan kata tersebut baik dihubungkan bersama (quicksort) atau dihubungkan dengan garis bawah / underscore (quick_sort).

Quotes ( ” )

Pencarian frase spesifik, bila Anda menempatkan sebuah kata atau frase dalam tanda kutip, hasil pencarian hanya akan memasukan halaman dengan kata-kata yang sama dalam urutan yang sama seperti apa yang ada di dalam tanda kutip. 
Catatan: Syntax / format ini sebaiknya hanya digunakan jika Anda sedang mencari kata atau frase yang tepat (persis), jika tidak, anda akan mengecualikan banyak hasil yang ditampilkan dalam hasil pencarian. 
Contoh: “Daftar Google Search Syntax Untuk Optimasi Pencarian Spesifik”

Asterisk ( * )

Menambahkan tanda bintang dalam pencarian sebagai tempat untuk setiap istilah yang tidak diketahui atau wildcard. Gunakan dengan tanda kutip untuk menemukan variasi frase yang tepat atau untuk mengingat kata-kata di tengah frase. 
Contoh: “Daftar Google Search * Untuk Optimasi Pencarian Spesifik”

Period ganda ( .. )

Nomor yang dipisahkan oleh dua periode / tanda titik tanpa spasi (..) untuk melihat hasil yang berisi angka-angka dalam kisaran tertentu dari hal-hal seperti tanggal, harga, dan pengukuran. 
Contoh: laptop rp4,000,000..rp6,000,000

Operator Pencarian Untuk Mempersempit Hasil

Catatan: penggunaan operator harus sesuai dengan format, artinya tanpa ada spasi diantara operator dan kueri pencarian.

site:

Mendapatkan hasil dari situs atau domain tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan semua menyebutkan “laptop” di blog Customations, atau laptop di semua website yang memiliki TLD *.org. 
Contoh: laptop site:customations.blogspot.com dan laptop site:.org

link:

Pencarian halaman yang memiliki tautan ke halaman tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan semua halaman yang memiliki tautan ke google.com. 
Contoh: link:www.softpedia.com

related:

Pencarian website yang mirip dengan URL yang sudah diketahui. Jika Anda mencari situs yang berhubungan dengan www.softpedia.com, Anda akan menemukan blog lain yang serupa / setopik yang mungkin Anda tertarik. 
Contoh: related:www.google.com

OR

Jika Anda ingin mencari halaman yang mungkin hanya salah satu dari beberapa kata, sisipkan OR (uppercase) diantara kata kunci pencarian. Tanpa OR, hasil yang Anda dapatkan biasanya akan menunjukkan hanya halaman yang cocok dengan kedua kueri pencarian tersebut. 
Contoh: asus a455ld OR x452ea

info:

Pencarian informasi mengenai suatu URL, termasuk versi cache dari halaman, halaman yang sama, dan halaman yang tertaut ke situs tersebut. 
Contoh: info:customations.blogspot.com

cache:

Melihat seperti apa sebuah halaman pada saat terakhir kali Google menjelajahi / crawl halaman atau website tersebut. 
Contoh: cache:www.softpedia.com

Sumber : support.google.com

Advertisement

No comments.

Leave a Reply