Tips Mengatasi Virus di Android

Tips Mengatasi Virus di Android

Mengatasi virus di Android – Ternyata eh ternyata virus dan malware tidak hanya menjangkiti komputer saja loh. Karena eh karena handphone dan tablet juga menjadi sasaran empuk buat si parasit ini, tak terkecuali ponsel dengan sistem operasi Android. 

Yap, handphone dengan OS Android memang sedang digemari dan secara alami menggusur dominasi Blackberry yang sebelumnya sempat menjadi favorit para pengguna ponsel. Kecanggihan serta kekayaan fitur yang dimiliki oleh ponsel Android tidak serta merta menjadikannya kebal dengan berbagai permasalahan, salah satunya ialah masalah virus atau malware yang menjangkitinya. Nah maka dari itu, pada tulisan kali ini Update Tips ! akan menyajikan tips untuk mengatasi virus di ponsel android yang semoga bermanfaat untuk anda 🙂

Sebelum kita menuju tips-tips untuk menghilangkan virus di android, ada baiknya kita mengetahui apa saja ciri-ciri Android yang terserang atau terinfeksi virus dan atau malware. Berikut ciri-cirinya:

1.  Pemakaian data internet yang terlalu berlebihan (tidak wajar)

Maksudnya adalah, anda para pengguna android tentu mengetahui persis untuk apa saja data internet yang digunakan. Nah tentu saja anda juga mengetahui/ mengamati berapa data internet yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu. Jika di sebuah perangkat android terdapat sebuah malware, ciri-cirinya ialah pemakaian data internet yang tidak wajar (tidak semestinya). Hal ini dikarenakan malware biasa digunakan untuk mencuri data dari korbannya, seperti daftar kontak, nomor kartu kredit, dan kejahatan lainnya. Setelah berhasil mencurinya, malware akan secara otomatis mengirim data yang berhasil dicuri tersebut melalui internet sehingga otomatis pula akan menyedot data internet pada ponsel anda.

2.  Performa menjadi lambat 

Karena saking banyaknya aktivitas yang dilakukan si malware/virus tadi, maka dapat secara otomatis mengurangi performa ponsel android anda (lambat bin lelet). (Silahkan baca artikel: Cara Mengatasi Android Lemot)

3.  Boros baterai

Banyak aktivitas = banyak pula daya yang dikeluarkan. Simple kan hehehe :p

4.  Sering terputus ketika sedang menelepon

Jika anda sedang menelepon, tiba-tiba terputus jangan salahkan sepenuhnya kepada operator. Bisa saja ini karena ulah si malware tadi. Ciri ini dapat dikenali jika anda sedang menelepon di wilayah atau daerah dengan sinyal bagus, namun masih saja telepon sering terputus.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ponsel android yang terinfeksi virus?
Searching dan terus searching, saya menyimpulkan ada banyak cara untuk mengatasi android yang terkena virus, baik secara manual ataupun menggunakan software antivirus. Di kesempatan yang baik ini, saya akan share sedikit cara untuk mengatasi virus di ponsel android (manual):
  1. Backup terlebih dahulu data dan aplikasi yang dianggap penting ke kartu memory anda.
  2. Pilih menu 'Setelan/Setting'
  3. Pilih 'Buat Cadangan & Setel Ulang'
  4. Pada pilihan penghapusan, jangan centang tulisan 'hapus kartu SD'
  5. Lalu pilih 'Setel Ulang'
  6. Tunggu dan biarkan untuk beberapa saat android mereset dirinya sendiri ke pengaturan awal pabrik.
  7. Ketika proses reset sudah selesai, maka ponsel android anda sudah normal kembali.

Cara manual untuk menghilangkan virus android ini memang dapat dikatakan sebagai cara mengembalikan ponsel android kepada settingan awal pabrik, seperti di awal anda membeli ponsel tersebut. Cara ini dapat dijadikan alternatif selain menggunakan antivirus. Aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall memang akan hilang, tetapi anda masih bisa mendownloadnya lagi. Tetapi hati-hati ya ketika mendownload sebuah aplikasi, banyak kemungkinan aplikasi tersebut terjangkit virus atau malware yang dapat menjangkit di ponsel android anda.

Sekian artikel mengenai Tips Mengatasi Virus di Android yang dapat Update Tips ! sampaikan. Terima Kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat 🙂 

 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply